Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Kereta Api Ekonomi

  Delapan bulan terakhir, saya naik kereta api ekonomi jurusan Malang-Bandung pulang pergi. Kemudian ramadhan lalu berlanjut menaiki kereta api jurusan Malang-Jakarta, pulang pergi juga. Berbagai pengalaman saya rasakan saat menjadi penumpang kereta api jarak jauh tersebut. Dari yang lucu sampai yang menjijikkan. Berdasarkan pengalaman pribadi itulah, saya ingin sekedar berbagi sedikit tips naik kereta api ekonomi jarak jauh agar perjalanan kita menyenangkan dan tak membuat kita bete. Bukankah ada pepatah jika "Yang terpenting dari sebuah perjalanan adalah bukan tujuan perjalanan, namun perjalanan itu sendiri". Bagaimana kita mengarungi sebuah perjalanan, saya kira lebih penting untuk diutamakan. Begini tips nya:



1. Bawa baju tebal
     Saudara-saudara sekalian harus tahu, PT. Kereta Api Indonesia sekarang terus berbenah, dan hasilnya kita lihat sekarang semua penumpang KA ekonomi pasti mendapat tempat duduk dan semua gerbongnya memakai AC. Parahnya, terkadang AC KA ekonomi ini kelewatan dinginnya. Jadi, bila dingin sudah menyergap, segera pakai baju tebal yang sudah disiapkan sejak sebelum keberangkatan. Pengalaman membuktikan, banyak orang kedinginan gara-gara cuma memakai kaos oblong saja. Hati-hati masuk angin.

2 Ajak ngobrol penumpang lain
   Men, kita sebagai bangsa Indonesia yang asik, jangan malu untuk menyapa dan mengajak ngobrol penumpang di sekitar kita. Sekedar basa basi nanya soal "Mau kemana pak?" udah cukup untuk membuka pembicaraan. apalagi jika lawan bicara kita berumuran tak jauh dari kita, pasti menarik. Saya pernah dapat link kerja gara-gara perbuatan ini. Cobalah.

3 Siapkan snack, makanan dan obat-obatan
 Ini sih sebenarnya tips yang umum, tapi tetap berlaku di KA, soalnya makanan di dalam kereta agak mahal, apalagi sekarang pedagang asongan yang biasanya ngejajain barang di dalam KA udah tamat keberadaannya. Jangan lupa tawarin ke penumpang yang lain. Obat-obatan udah jelas fungsinya apa, tapi kadangkala kita remehin. Padahal bisa berakibat fatal nih bila kita nggak bawa obat, soalnya kita nggak tau apa yang terjadi nanti, siap-siap aja.
Contoh kegiatan gokil yang bisa di lakuin di kereta

4. Bawa Buku
Jikalau bosan menyergap, bagi yang kutu buku bisa kali sedikit-sedikit membaca buku. Hitung-hitung nambah ilmu gitu. Kelebihan menggunakan KA api adalah salah satunya kepala anda nggak akan pusing jika membaca buku, enak pokoknya. Beda bilsa membaca buku di mobil atau bis yang sedang berjalan, pasti mual. Kereta Api nggak bro.

5 Siapkan Mental
Di dalam kereta api banyak hal unik terjadi. Contoh, ada yang tidur sambil duduk, di tengah lorong, ngalangin jalan orang. Ada  juga yang nidurin anaknya di kolong kursi saya. Saya terkejut bukan main saat itu. Tiba-tiba ada nongol tangan gitu aja. Belum lagi masyarakat masih nggak disiplin tentang buang sampah. Toilet yang bau. Begitu lah, siapkan mental anda sebelum terlambat.

6 (Kalau bisa) Ajak Teman
Biar bisa jagain barang kita kalau kita lagi ke toilet. (ya anda tahulah teman itu buat apa)


Kereta api merupakan moda transportasi darat favorit saya saat ini. Keunggulannya adalah: cepat, aman, dan nyaman. Sudah saat nya pemerintah menggarap sektor ini sebagai sesuatu yang sangat potensial. Dan apa yang telah pemerintah lakukan saat ini, khususnya PT, KAI saya syukuri dan saya apresiasi. Contoh terobosan baru: pemesanan tiket yang sekarang semudah membeli tiket pesawat terbang, cetak tiket mandiri, dsb.


 Jayalah kerata api Indonesia!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wawancara dengan Alfa Maqih

Pindah