Wawancara dengan Alfa Maqih

Sebenarnya wawancara ini merupakan rencana saya sejak dulu. Sejak Alfa masih magang di Jepang. Ternyata baru kesampaian ketika beliau sudah tidak magang lagi, tetapi sudah bekerja di Jepang. Alfa merupakan teman sebangku saya ketika masih bersekolah di SMPN 2 Banjarmasin tepatnya saat kelas delapan. Kelas delapan, dimana menurut saya merupakan masa-masa paling menarik saat berseragam biru-biru. Waktu itu dia murid pindahan dari Bandung. Singkat cerita, selepas kuliah beliau memutuskan untuk bekerja di Jepang. Berikut wawancara saya dengan Alfa setelah saya edit sedemikian rupa karena ada beberapa bagian yang tak senonoh dan tak elok untuk ditampilkan di blog yang budiman ini. Selamat membaca!


Sejak kapan suka jepang-jepangan?
Sampe SMA cuma sebatas manga sama anime dan game, tapi semenjak lulus SMA dan aktif di forum forum online, lingkungannya berubah jadi lebih condong ke jepangan. Awalnya gara gara ada game yang pengen dimainin tapi cuma muncul versi jepangnya doang, dari situ belajar dikit bahasanya sampe keterusan, jadi lebih tertarik sama budayanya juga.

Kok bisa terjun ke lingkungan situ? apa nggak sengaja atau seperti apa?
Gak sengaja, yang tadinya cuma silent reader di thread terus akhirnya iseng nimbrung dan betah, terus banyak dapet kenalan dari situ dan akhirnya dikenalin langsung ke orang jepang sampe sering diajak jalan buat ngobrol. Makin tertarik, akhirnya mutusin buat ngambil jurusan bahasa jepang buat kuliah. Motivasi aslinya sih ya karena pengen bisa ngobrol dan lebih ngerti watak sama pola pikir orang jepang yang kalo kita cuma baca baca dari artikel itu disiplinnya kuat dll kaya ga ada celahnya sebagai manusia.

Thread di forum apa kalau boleh tau?
Thread di kaskus ngobrol pake bahasa jepang, awalnya sering nanyain masalah grammar yg ditemuin di game, makin kesini malah jadi suka ngobrol pake bahasa jepang

Terus kan kemaren magang di Jepang dan sekarang juga kerja disana, itu bisa diceritakan nggak kok bisa?
Kalo cerita soal gimana bisa sampe intern di jepang sih gara gara suatu hari tiba tiba dikontak dosen disuruh kirim cv pake bahasa jepang, abis itu disuruh ikut tes wawancaranya, alhamdulillah dipilih dan sampe berangkat dan pulang lancar dan dapet banyak pengalaman.

Nah sebenarnya seperti apa orang Jepang itu? Apa benar disiplin kuat dll, katanya sih detailnya juga bagus
Ga beda jauh kok sama orang indonesia, yang disiplin banyak, yang engga juga ya ada aja, intinya semua tergantung individunya lagi, cuma bedanya mereka lebih tertib dan teratur aja.

Lebih tertib dalam hal apa contohnya? Dan jeleknya orang jepang apaan?
Taat dengan aturan dan lebih ngehargain orang lain. Dari yang selama ini sih jeleknya mereka, terlalu mikirin pendapat atau kesan dari orang sekitar, sesimpel duduk di pinggir jalan pun mereka malu, katanya takut diliatin orang. Makanya kasus bully bullyan di sekolah juga sering kejadian, kalo ditanya kenapa ga lawan? mereka bilangnya "karena sampe dibully brarti orang lain juga sependapat sama yg bully, dan brarti emang kitanya yang salah".

Lanjut pertanyaan kalau baiknya orang Jepang? Selain taat aturan dan lebih menghargai orang lain
Sabar, sabarnya parah, mau dibikin kesel sampe gimanapun ga akan sampe marah ato jadi berantem.

Masa sih? Kebanyakan gitu?
Iya, kebanyakan gitu kok, makanya sebenarnya kalopun dibully, tinggal gertak balik juga langsung pada diem.

Sampai kapan rencana di Jepang?
Sampai sang calon ngajak nikah.

Bisa diceritakan tempat kerjanya apa dan jobdesknya? Jika berkenan
Tempat kerja sih di restoran, staff restoran, kerjanya pake kombinasi otak dan otot, jadinya mantap. Yang bikin betah karena lingkungan kerja yang sama sama pekerja keras semua, ga ada yang males-malesan.

Letaknya di Okinawa kalau tidak salah? Restorannya menyajikan masakan apa? Western kah?
Iyes restoran western dan di Okinawa.

Gimana 2019 sejauh ini? Dan harapan di 2020
2019 mantab, semua target di awal tahun tercapai semua dan banyak bonusnya juga. Buat 2020 semoga bisa berkembang lebih jauh dari sekarang.

Mantap terima kasih banyak fa atas kesediaannya di wawancarai.
Siap mantab, sama-sama mat.

Eh wibu tuh apa tahulah fa.
Wibu ato weaboo sepemahaman aku mah orang yang mengagumi bahkan mengagung-agungkan  budaya jepang, sampe kebawa ke kehidupan sehari hari mulai dari cara berbahasa dan berperilaku, kadang cenderung tidak menyukai budaya negara sendiri.

Demikian wawancara dengan teman saya yang memperkenalkan manga Dr Stone kepada saya. Wawancara deilakukan via WhatsApp (Jadi tinggal copas saja hahaha).

Semoga suatu saat saya ke Jepang, bertemu Alfa dan juga Refa Kashiki.

Bubarkan!!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pindah